System bus atau bus sistem, dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus.
Sebuah komputer memiliki beberapa bus, agar dapat berjalan. Banyaknya bus yang terdapat dalam sistem, tergantung dari arsitektur sistem komputer yang digunakan. Sebagai contoh, sebuah komputer PCdengan prosesor umumnya Intel Pentium 4 memiliki bus prosesor (Front-Side Bus), bus AGP, bus PCI, bus USB, bus ISA (yang digunakan oleh keyboard dan mouse), dan bus-bus lainnya.
Bus disusun secara hierarkis, karena setiap bus yang memiliki kecepatan rendah akan dihubungkan dengan bus yang memiliki kecepatan tinggi. Setiap perangkat di dalam sistem juga dihubungkan ke salah satu bus yang ada. Sebagai contoh, kartu grafis AGP akan dihubungkan ke bus AGP. Beberapa perangkat lainnya (utamanya chipset atau kontrolir) akan bertindak sebagai jembatan antara bus-bus yang berbeda. Sebagai contoh, sebuah kontrolir bus SCSI dapat mengubah sebuah bus menjadi bus SCSI, baik itu bus PCI atau bus PCI Express.
Berdasar jenis busnya, bus dapat dibedakan menjadi bus yang khusus menyalurkan data tertentu, contohnya paket data saja, atau alamat saja, jenis ini disebut dedicated bus. Namun apabila bus yang dilalui informasi yang berbeda baik data, alamat, dan sinyal kontrol dengan metode multipleks data maka bus ini disebut multiplexed bus. Kekurangan multiplexed bus adalah hanya memerlukan saluran sedikit sehingga menghemat tempat tapi kecepatan transfer data menurun dan diperlukan mekanisme yang komplek untuk mengurai data yang telah dimultipleks. Sedangkan untuk dedicated bus merupakan kebalikan dari multipexed bus.
Beberapa bus utama dalam sistem komputer modern adalah sebagai berikut:
- Bus prosesor. Bus ini merupakan bus tercepat dalam sistem dan menjadi bus inti dalam chipset dan motherboard. Bus ini utamanya digunakan oleh prosesor untuk meneruskan informasi dari prosesor kecache atau memori utama ke chipset kontrolir memori (Northbridge, MCH, atau SPP). Bus ini juga terbagi atas beberapa macam, yakni Front-Side Bus, HyperTransport bus, dan beberapa bus lainnya. Sistem komputer selain Intel x86 mungkin memiliki bus-nya sendiri-sendiri. Bus ini berjalan pada kecepatan 100 MHz, 133 MHz, 200 MHz, 266 MHz, 400 MHz, 533 MHz, 800 MHz, 1000 MHz atau 1066 MHz. Umumnya, bus ini memiliki lebar lajur 64-bit, sehingga setiap detaknya ia mampu mentransfer 8 byte.
- Bus AGP (Accelerated Graphic Port). Bus ini merupakan bus yang didesain secara spesifik untuk kartu grafis. Bus ini berjalan pada kecepatan 66 MHz (mode AGP 1x), 133 MHz (mode AGP 2x), atau 533 MHz (mode AGP 8x) pada lebar jalur 32-bit, sehingga bandwidth maksimum yang dapat diraih adalah 2133 MByte/s. Umumnya, bus ini terkoneksi ke chipset pengatur memori (Northbridge, Intel Memory Controller Hub, atau NVIDIA nForce SPP). Sebuah sistem hanya dapat menampung satu buah bus AGP. Mulai tahun 2005, saat PCI Express mulai marak digunakan, bus AGP ditinggalkan.
- Bus PCI (Peripherals Component Interconnect). Bus PCI tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus peripheral. Bus ini memiliki kinerja tinggi untuk sistem I/O berkecepatan tinggi. Bus ini berjalan pada kecepatan 33 MHz dengan lebar lajur 32-bit. Bus ini ditemukan pada hampir semua komputer PC yang beredar, dari mulai prosesor Intel 486 karena memang banyak kartu yang menggunakan bus ini, bahkan hingga saat ini. Bus ini dikontrol oleh chipset pengatur memori (northbridge, Intel MCH) atau Southbridge (Intel ICH, atau NVIDIA nForce MCP).
- Bus PCI Express (Peripherals Component Interconnect Express)
- Bus PCI-X (Peripherals Component Interconnect Express)
- Bus ISA (Industry Standard Architecture)
- Bus EISA (Extended Industry Standard Architecute)
- Bus MCA (Micro Channel Architecture)
- Bus SCSI (Small Computer System Interface]]. Bus ini diperkenalkan oleh Macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan antarmuka standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, harddisk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar
- Bus USB (Universal Serial Bus). Bus ini dikembangkan oleh tujuh vendor komputer, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. Bus ini ditujukan bagi perangkat yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer karena tidak akan efisien jika perangkat yang berkecepatan rendah dipasang pada bus berkecepatan tinggi seperti PCI. Keuntungan yang didapat dari bus USB antara lain : tidak harus memasang jumper, tidak harus membuka casing untuk memasang peralatan I/O, hanya satu jenis kabel yang digunakan, dapat mensuplai daya pada peralatan I/O, tidak diperlukan reboot.
- Bus 1394. Bus yang mempunyai nama FireWire memiliki kecepatan tinggi diatas SCSI dan PCI. Bus 1394 sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Bus ini tidak hanya populer perangkat komputer tetapi juga perangkat elektronik seperti kamera digital, VCR, dan televisi.
ORGANISASI dan ARSITEKTUR KOMPUTER Sistem BUS
Mengenal sistem bus
Sistem adalah suatu proses yang terikat dengan satu unsur dan unsur-unsur yang lainnya
Bus adalah lintasan / jalur
Sistem bus dalam dunia komputer dapat didefinisikan sebagai proses yang menghubungkan antar komponen utama dari sebuah komputer yang memiliki jalur / lintasan masing-masing dimana tetap saling mempengaruhi satu dengan yang lain. Satu bus berisi satu jalur, bus biasanya berbentuk jalur-jalur parallel PCB, ribbon cables, strip connectors (ditemui dalam motherboard), kumpulan kabel.
Bus yang biasa dipakai adalah single bus dan multiple bus
Sistem bus yang ada pada komputer : Control bus, Address Bus, Data Bus
Kelemahan Single Bus :
Dedicated
Bus Traditional
High Performance Bus
Mengenal lebih dekat dengan konsep program dan program
Program adalah penghungung antara komponen logik yang telah dikonfigurasi dengan tujuan untuk melakukan proses operasi aritmatika dan logik.
Alasan dibuatnya program :
›Control Unit (CU) dan Arithmetic and Logic Unit (ALU) membentuk Central Processing Unit (CPU)
Intruksi yang masuk dan keluar melalui perangkat I/O
Diperlukan media penyimpan sementara untuk menyimpan intruksi - Memori
Intrupsi Banyak
Disable interrupts
Define priorities
Sambungan Memori
Sistem adalah suatu proses yang terikat dengan satu unsur dan unsur-unsur yang lainnya
Bus adalah lintasan / jalur
Sistem bus dalam dunia komputer dapat didefinisikan sebagai proses yang menghubungkan antar komponen utama dari sebuah komputer yang memiliki jalur / lintasan masing-masing dimana tetap saling mempengaruhi satu dengan yang lain. Satu bus berisi satu jalur, bus biasanya berbentuk jalur-jalur parallel PCB, ribbon cables, strip connectors (ditemui dalam motherboard), kumpulan kabel.
Bus yang biasa dipakai adalah single bus dan multiple bus
- Single bus : bus dengan hanya 1 jalur saja
- Multiple bus : bus dengan jalur lebih dari satu
Sistem bus yang ada pada komputer : Control bus, Address Bus, Data Bus
- Control bus : Jalur tempat mengirimkan intruksi atau perintah
- Address bus : Jalur tempat mengkodean / pengalamatan dari sebuah proses
- Data Bus : Jalur pengiriman data
Kelemahan Single Bus :
- Karena hanya menggunakan 1 jalur, sehingga jalannya data menjadi sedikit, sehingga membutuhkan jalur yang panjang
Dedicated
- Jalur data & address terpisah
- Jalur bersama
Arbitrasi Bus
Beberapa modul dapat mengendalikan bus, dan setiap saat hanya satu modul yang dapat mengendalikan.
Terdapat 2 arbitrasi :
- Arbitrasi Centralised
- Ada satu hardware device yg mengendalikan akses bus
- Bisa berupa bagian dari CPU atau terpisah
- Arbitrasi Distributed
- Setiap module dapat meng-klaim bus
- Setiap modules memiliki Control logic
Jalur yang harus ada pada Bus PCI :
- Jalur System
- Address & Data
- Interface Control
- Arbitrasi
- Error lines
Jalur tambahan pada Bus PCI :
- Interrupt lines
- Cache support
- 64-bit Bus Extension
- JTAG/Boundary Scan


Program adalah penghungung antara komponen logik yang telah dikonfigurasi dengan tujuan untuk melakukan proses operasi aritmatika dan logik.
Alasan dibuatnya program :
- Peralatan yang diprogram dengan kumpulan komponena elektronik tidak fleksibel
- Program mampu melakukan multitasking
- Lebih mudah menambahkan perintah baru pada program daripada menambahkan komponen elektronika baru pada device yang ada
›Control Unit (CU) dan Arithmetic and Logic Unit (ALU) membentuk Central Processing Unit (CPU)
Intruksi yang masuk dan keluar melalui perangkat I/O
Diperlukan media penyimpan sementara untuk menyimpan intruksi - Memori
Komponen komputer

Siklus intruksi
Terdapat 2 siklus intruksi, yaitu :
Fetch Cycle dan Execute Cycle

Fetch Cycle
Program Counter berisikan alamat intruksi selanjutnya yang akan dijalankan
Memori akan mengambil intruksi di memori sesuai dengan alamat yang ditunjuk Program Counter
Intruksi akan dimasukkan kedalam Instruction Register
Prosesor akan melakukan tindakan yang diperlukan
Execute Cycle
- Processor-memory
- Transfer data antara CPU dengan main memory
- Processor I/O
- Transfer data antara CPU dengan I/O module
- Data processing
- Operasi arithmetic dan logical pada data tertentu
- Control
- Mengubah urutan operasi
- Jump
Intrupsi
Siklus Intrupsi
Proses intrupsi masuk kedalam siklus intruksi, yang kemudian dipersiksa oleh prosesor, prosesor akan menunda eksekusi program yang sedang / akan berjalan, context program yang ditunda akan disimpan, prosesor akan set alamat intruksi ke alamat intrupsi, setelah intrupsi selesai, prosesor akan mengembalikan context dan melanjutkan program yang tertunda
Disable interrupts
- Processor akan mengabaikan interrupt berikutnya
- Interrupts tetap akan diperiksa setelah interrupt ynag pertama selesai dilayani
- Interrupts ditangani dalam urutan sesuai datangnya
Define priorities
- Low priority interrupts dapat di interrupt oleh higher priority interrupts
- Setelah higher priority interrupt selesai dilayani, akan kembali ke interrupt sebelumnya.
Sambungan
- Menerima dan mengirim data
- Menerima addresses
- Menerima sinyal kendali
- Read
- Write
- Timing
- Serupa dengan sambungan memori
- Output
- Menerima data dari computer
- Mengirimkan data ke peripheral
- Input
- Menerima data dari peripheral
- Mengirimkan data ke computer
- Menerima sinyal kendali dari computer
- Mengirimkan sinyal kendali ke peripherals
- Menerima address dari computer
- Mengirimkan sinyal interrupt
- Membaca instruksi dan data
- Menuliskan data (setelah diproses)
- Mengirimkan sinyal kendali ke unit-unit lain
- Menerima (& menanggapi) interrupt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar